Psikopat dan Drama-Drama Korea


Selama di NYU, saya mengambil beberapa kursus yang mengajarkan saya tentang gangguan kepribadian antisosial, atau disingkat ASPD. ASPD adalah gangguan kepribadian yang memiliki sejumlah gejala, antara lain: mengabaikan kebaikan dan kejahatan, berbohong tanpa henti, memanipulasi dan mengeksploitasi orang lain, kehilangan kesadaran, dan sebagainya. Gangguan kepribadian ini sering dikaitkan dengan kebohongan patologis, reaksi emosional yang samar, dan sebagainya. Itu juga didiagnosis pada orang dengan karakteristik psikopat

Kriteria ASPD menurut DSM

Karakteristik psikopati

Banyak orang mengira keduanya (ASPD dan Psikopat) sama, padahal sebenarnya berbeda. Gangguan kepribadian antisosial adalah istilah dalam psikologi dan psikopati adalah istilah dalam forensik. Ketika sebagian besar psikopat didiagnosis dengan gangguan kepribadian antisosial (ASPD), mereka sering terkait. Namun, hanya satu persen orang yang didiagnosis dengan ASPD adalah psikopat. Selanjutnya, hanya satu persen psikopat yang menjadi pembunuh berantai. Kebanyakan dari mereka melanggar hukum dalam bentuk pencurian dan penipuan.

Oke, disini saya ingin membahas beberapa drama Korea yang menarik perhatian saya. Diantaranya adalah "paranormal, tapi baik", "tikus" dan "bunga buruk".

Psycho But It's OK Dalam drama, seperti judulnya, Go Moon Young dikenang sebagai psikopat. Anehnya, saat menulis ceritanya di AsianWiki, Go Moon Young hanya terinfeksi RASD. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Psikopat dan ASPD adalah dua hal yang berbeda. Ini adalah alasan pertama mengapa saya tidak melihat drama ini (walaupun saya menunggu lama, saya langsung merasa lebih baik). Yap, Al yang terdengar sangat jelek bagiku, sepertinya BT juga bukan untukku, tapi itu tidak masalah. Tidak bisa membawa diri Anda untuk menonton drama, bukan? Menurut saya, judul utama komedi ini membingungkan dan keterlaluan bagi orang-orang dengan gangguan kepribadian.

Seorang teman yang menonton acara tersebut mengatakan bahwa Go Moon Young memiliki gangguan kepribadian akibat pelecehan anak. Itu mengejutkan saya juga. Mungkin saya tidak memiliki pengetahuan yang cukup, jadi saya melakukan lebih banyak penelitian. Sejauh yang saya tahu, ASPD dan psikopati terutama disebabkan oleh faktor genetik seperti ukuran amigdala yang kecil. Amigdala bertanggung jawab untuk memproses emosi di otak, dan penelitian telah menunjukkan bahwa psikopat (didiagnosis dengan ASPD) memiliki amigdala yang lebih kecil daripada rata-rata orang. Setelah membaca beberapa surat kabar, menjadi jelas bahwa penyebab pasti ASPD masih belum diketahui. Ini tidak berarti bahwa tidak hanya genetik, tetapi juga faktor eksternal berkontribusi secara signifikan.

Bahkan, ada artikel di jurnal tersebut yang menyebutkan bahwa faktor eksternal dapat menyebabkan ASPD berkembang pada seseorang. Namun, sebagian besar artikel ilmiah, serta DSM-V, menunjukkan bahwa penyebab pastinya tidak diketahui. Saya mengemudi sebagian besar waktu. Jika komedi ini menunjukkan bahwa Moon-Young hanya memiliki satu gangguan kepribadian karena pelecehan masa kanak-kanak, itu mungkin pra-ilmiah. Juga, saya tidak suka kepribadian Moon-Young yang sangat beracun yang terkait dengan Gang-tae.

Tidak seperti "Psychic Butt Good", "Mouse" adalah tentang menemukan psikopat di dalam rahim. Artinya drama ini menunjukkan bahwa mengapa seseorang menjadi psikopat adalah 100% genetik. Saya hanya melihat episode pertama dari drama ini, sebagai "Psycho But It's Good" dan saya tidak terlalu menyukainya. Apalagi setelah politisi memutuskan untuk memperkenalkan aturan aborsi bagi wanita hamil yang janinnya ditemukan dengan DNA psikopat. Mungkin politik pada akhirnya akan direvisi, dll, saya belum melihat, tetapi penelitian yang disajikan oleh seorang karakter dalam drama ini tampaknya sangat jauh ke depan. "Psychic but good" baik dalam hal kesehatan mental secara umum.

Saya tidak suka drama Korea yang fokus pada masalah psikologis dari perspektif klinis. Mereka biasanya menyebarkan disinformasi, meningkatkan stigma, atau melanggar kebijakan. Terutama drama lama "Kill me and heal me" atau "No, it's love". Misalnya, "Kill Me and Heal Me" adalah tentang hubungan romantis antara dokter dan pasien. Bagi saya itu adalah TIDAK besar. Pelanggaran aturan etika dan ketidakprofesionalan.


Drama Korea yang saya suka dan tekankan dalam kehidupan seorang psikopat mungkin adalah Flower of Evil. Alih-alih berfokus pada sisi klinis Baek Hee Sung, acara ini lebih berfokus pada jalan cerita dan sisi seru. Juga, ada beberapa anak kecil yang benar-benar membuat saya terpesona. Dalam The Psychology of Violence, saya belajar bahwa penjahat berantai aktif menonton banyak berita. Sementara itu, dalam drama FOE, Baek Hee Sun digambarkan sebagai psikopat yang menyesal dan tidak melihat berita! Mungkin ada hal-hal kecil, tetapi hal-hal kecil ini membuatku gila.


Saya lebih suka drama dan film psikologis. Tapi ketika dramanya begitu klinis, saya tidak bisa menikmatinya. Ya, mungkin karena saya lulusan fakultas psikologi dan drama-drama ini membuat saya lebih banyak berpikir. Mungkin saya harus membaca lebih banyak sendiri, tetapi saya hanya menonton drama untuk kesenangan dan relaksasi. Berhenti membaca psikologi.

#30DWC

#30DWCJilid31

Hari #23


Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak