Empat Tahun Memperjuangkan Akses Terbuka

* Diketik dengan cepat

Pada pertengahan tahun 2017, saya menerima email dari salah satu pejuang akses terbuka di Nepal. Dia mengundang saya untuk berbicara di salah satu konferensi regional tentang akses terbuka untuk berbagi informasi. Akhirnya saya setuju untuk menghadiri konferensi di Nepal.

Sebelum saya memulai pembicaraan saya, saya berbicara dengan Canok Monirul, pendiri Open Access Bangladesh. Saya katakan tidak ada organisasi bernama Open Access Indonesia di Indonesia. Kemudian dia berkata, "Kalau begitu kamu harus melakukannya." Tawaran itu mengejutkan saya. Saya hanya lulusan S1 muda, saya bahkan tidak tahu banyak tentang akses terbuka. Namun, saya menerima.


Setelah itu, saya melamar Open Access Indonesia. Bersama para penggiat dan pejuang transparansi lainnya, seperti Wikipedia, Open Science Indonesia dan teman-teman, saya sering mengadakan kegiatan sains dan open access. Setahun sekali kami menyelenggarakan konferensi OpenCon di Jakarta. Saya adalah salah satu penyelenggara pengibaran bendera di Kanada.

Kami berada di tahun 2021 dan setelah epidemi aktivitas kami mulai menurun. Saya telah mengatur dua webinar tetapi saya pikir kami dapat melakukannya sebulan sekali mulai tahun 2020. Media sosial OA Indonesia juga sangat jarang diperbarui dan saya pikir saya perlu meningkatkan untuk mendorong akses terbuka ke Indonesia untuk aktif dan aktif. Hidup lagi.

Apalagi sejak kemarin saya tergabung dalam komunitas Garda LPDP yang menaungi para mahasiswa yang mendirikan organisasi tersebut. Banyak pendiri dapat mendukung organisasi selama lebih dari satu dekade. Melihat ke belakang, mungkin sekarang saatnya bagi Indonesia untuk membuka akses kembali menawarkan keuntungan. Anda mungkin tidak perlu menyelenggarakan acara besar seperti sebelumnya, lakukan hal sederhana sambil merasakan manfaatnya.

#30DWC
#30DWCJilid31
# Hari 29

Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak